Menghargai Dedikasi Para Pendidik di Hari Guru Nasional

0
79
Oleh Salmun Ndun, S.Pd., UPTD SMP Negeri 1 Lobalain, Kab. Rote Ndao, Prov. NTT.

Seorang negarawan dunia, Nelson Mandela berhasil menelorkan sebuah goresan kalimat mutiara yang amat populer, “Pendidikan adalah senjata paling hebat yang dapat digunakan untuk mengubah dunia”. Pandangan tersebut menyiratkan makna bahwa sarana mencerdaskan kehidupan bangsa dapat dilakukan melalui gerakan pendidikan.

Dengan pendidikan, kita bisa mengubah ketertinggalan menjadi berkemajuan dan dapat memerangi kebodohan dan kemiskinan, serta mengangkat harkat dan martabat bangsa. Hal yang harus kita disadari ialah ketika dunia berubah maka pendidikan pun harus berubah, baik sistem pendidikan dan pola pembelajaran perlu menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang menghasilkan keluaran pembentukan individu yang bukan hanya menekankan pada pengetahuan tapi memiliki karakter kebangsaan.

Pasal 3 Undang-Undang Sisdiknas menyebutkan, “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan dan membantu watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa. Tujuan pasal ini untuk pengembangan potensi menjadi manusia yang beriman yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Di tangan seorang pendidik ibaratnya ia sedang memegang sebatang lilin yang mengorbankan dirinya sendiri untuk menerangi jalan bagi peserta didik untuk menuju masa depan.

Perayaan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 mengusung tema “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”. Tema ini memberi pesan bahwa pendidik tidak lagi bekerja sendiri dalam mewujudkan Merdeka Belajar tapi membutuhkan kerja kolaboratif dan saling berbagi. Pendidik sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk peserta didik, orang tua, dan pemerintah. Dengan kolaborasi yang kuat, maka Merdeka Belajar dapat tercapai dengan lebih mudah dan cepat. Momen perayaan ini bertujuan untuk menghormati serta mengapresiasi peran penting para pendidik dalam membentuk dan mengembangkan generasi masa depan.

Di Indonesia, setiap tanggal 25 November diperingati sebagai HGN. Perayaan ini merupakan momentum untuk mengenang dan menghargai kontribusi para pendidik dalam semangatnya mencerdaskan kehidupan bangsa. Mengapa penting untuk merayakan HGN? Perayaan HGN dapat memberikan kesempatan terhadap dedikasi para pendidik menjadi agen perubahan utama dalam pendidikan. Mereka tidak saja memberikan ilmu pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter, moral, dan nilai-nilai positif pada peserta didik.

Seorang pendidik seringkali berdedikasi secara maksimal, memberikan waktu, energi, dan pengorbanan yang besar dalam mendidik peserta didik.  Penghargaan dan pengakuan atas pekerjaan mereka dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran serta pendidikan secara keseluruhan. Konsep merayakan HGN merupakan bagian dari memupuk rasa kebanggaan sebagai sebuah bangsa. Dengan menghargai para pendidik yang berkomitmen terhadap kemajuan pendidikan yang berkualitas. Penghargaan kepada para pendidik yang telah dan terus berperan dalam membentuk karakter, menginspirasi, dan mendidik generasi penerus.

Sejenak memaknai peran pendidik dalam perjalanan pendidikan. Pendidik merupakan pilar utama dalam membentuk masa depan generasi bangsa karena mereka memiliki peran sentral dalam mendidik, membimbing, dan menginspirasi para peserta didik. Peran pendidik dalam masyarakat sangatlah penting dan beragam. Di setiap tingkat pendidikan, pendidik memainkan peran yang tak ternilai dalam membentuk generasi masa depan. Menyoroti peran pendidik dalam kehidupan masyarakat terlihat bahwa pendidik tidak hanya mengajarkan materi pelajaran, tetapi juga memainkan peran membimbing, memberi inspirasi, serta menanamkan nilai-nilai moral, memberikan keterampilan yang diperlukan bagi perkembangan pribadi dan profesional peserta didik. Pentingnya menghormati serta mengapresiasi kontribusi guru terletak pada pengakuan akan peran penting yang mereka mainkan dalam membentuk individu, masyarakat, dan bangsa. Dengan mengapresiasi guru, kita membangun kesadaran akan nilai penting pendidikan serta menjaga semangat dan motivasi mereka dalam memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi perkembangan pendidikan.

Dedikasi yang diberikan pendidik tentu tidak terlepas dari berbagai tantangan yang kompleks dan beragam. Beberapa tantangan utama yang dihadapi oleh para pendidik meliputi: Pertama, beban kerja yang telah distandarkan yakni persiapan pelajaran, mengajar di kelas, menilai tugas, serta melibatkan diri dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan kurikulum. Kedua, kurangnya sumber daya. Banyak pendidik yang bekerja dalam kondisi kurangnya sumber daya, baik itu buku pelajaran yang terbatas, fasilitas yang kurang memadai, hingga keterbatasan akses terhadap teknologi dan materi pendidikan.

Ketiga, kesenjangan dalam kualitas pendidikan. Kesenjangan antara kualitas pendidikan yang diberikan di berbagai daerah. Pendidik di daerah pedesaan atau daerah terpencil seringkali menghadapi tantangan yang berbeda dengan mereka yang bekerja di perkotaan. Keempat, perubahan kurikulum dan kebijakan pendidikan. Pendidik harus beradaptasi dengan perubahan-perubahan kurikulum yang terus-menerus serta kebijakan pendidikan yang berkembang.

Kelima, masalah kesejahteraan dan penghargaan profesional. Sebagian pendidik masih menghadapi masalah kesejahteraan seperti gaji yang kurang memadai, kurangnya penghargaan atau apresiasi terhadap profesinya, serta kurangnya fasilitas atau dukungan untuk pengembangan profesional. Keenam, Teknologi dalam Pembelajaran, Integrasi teknologi dalam pembelajaran memerlukan keterampilan baru bagi pendidik.

Tidak semua memiliki akses atau keterampilan teknologi yang memadai untuk memanfaatkannya secara efektif dalam proses pembelajaran. Mengatasi tantangan-tantangan ini memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, masyarakat, serta upaya bersama dari seluruh elemen terkait dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi oleh para pendidik.

Perayaan HGN bukan hanya sekadar acara seremonial, tetapi juga merupakan kesempatan untuk mengakui peran penting pendidik dalam menciptakan masa depan yang lebih baik. Ini adalah momen refleksi dan penghargaan yang diperlukan dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan demi kemajuan bangsa. Memberikan dukungan, sumber daya, pelatihan, serta penghargaan yang layak bagi guru adalah langkah penting dalam memastikan bahwa mereka dapat memberikan pendidikan yang berkualitas dan terus berkontribusi dalam membentuk masa depan generasi penerus.

Menghargai dedikasi pendidik pada HGN adalah langkah penting untuk mengakui peran serta kontribusi mereka dalam membentuk masa depan bangsa. Dalam Implemntasi Kurikulum Merdeka saat ini, pemerintah melalui Kemendikbudristek telah memberi ruang bagi para pendidik untuk mengembangkan kompetensi dengan membuka diri memanfaatkan ruang-ruang digital yang tersedia serta mengasah diri ikut berkompetisi dan memperoleh penghargaan. Penghargaan ini bisa berupa penghargaan prestasi, penghargaan pengabdian, atau bentuk pengakuan lainnya. Langkah apresiasi ini juga dapat menjadi dorongan yang kuat bagi para pendidik untuk terus memberikan yang terbaik dalam membimbing dan membantu generasi penerus menuju kesuksesan dan masa depan yang cerah. Sebagai pendidik terus berkomitmen untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik, yang pada gilirannya akan membawa kemajuan dan keberhasilan bagi generasi mendatang.

Penting untuk menegaskan betapa berharganya peran para pendidik dalam membentuk masa depan pendidikan. Dengan mengapresiasi dan merayakan mereka, kita tidak hanya memberikan penghormatan kepada mereka sebagai pilar utama dalam pendidikan, tetapi juga mendorong semangat mereka dalam membimbing, menginspirasi, dan membentuk generasi penerus yang berkualitas. Momentum HGN memberikan pengakuan bahwa setiap pendidik memiliki dampak yang signifikan dalam kehidupan peserta didik. Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang terus menyemai ilmu, menanamkan nilai-nilai, dan membantu mewujudkan mimpi-mimpi generasi mendatang.

Mari terus merayakan HGN dengan memberikan apresiasi yang tulus kepada para pendidik. Dukungan, penghargaan, dan perhatian yang diberikan kepada mereka adalah bentuk investasi bagi masa depan pendidikan yang lebih baik. Bersama-sama, kita mengakui peran penting mereka dalam membentuk dunia yang lebih cerah melalui pendidikan yang bermakna dan berkualitas. Selamat merayakan Hari Guru Nasional, semangat menunjukkan dedikasi dan terus Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini