Tutup LDK, SMKN 7 Kupang Gelar “Long March”

0
53
Kepala SMKN 7 Kupang, Mursalin Ngala, S.Pd., saat memberikan arahan di halaman sekolah setempat.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – SMKN 7 Kupang menggelar long march (berjalan jauh) pada Sabtu (16/12/2023). Long march ini merupakan rangkaian dan akhir dari kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi Calon Taruna/Taruni (Catar-Catari) SMKN 7 Kupang yang dilaksanakan pada Rabu – Sabtu, 13 – 16 Desember 2023.

Kepala SMKN 7 Kupang, Mursalin Ngala, S.Pd., menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, kepedulian, dan kekompakan di antara peserta didik.

“Hal yang sangat luar biasa, walaupun dalam waktu yang sangat singkat dengan materi yang didapatkan, baik itu di dalam kelas maupun yang ada di lapangan, kalau dipahami, diterima dan dilaksanakan, itu adalah bekal bagi Anda selama belajar di sini maupun di masyarakat nanti,” ujar Mursalin Ngala saat memberikan arahan pada Sabtu (16/12/2023) di halaman sekolah setempat.

“Anda harus memahami keadaan teman di sekeliling Anda. Kegiatan ini, walaupun perjalanannya begitu jauh dan melelahkan, tapi Anda tidak melupakan siapa-siapa saja yang ada di sekeliling Anda, itu kebersamaan Anda. Berikutnya adalah kekompakan di dalam barisan, dan Anda harus tahu teman-teman Anda yang sedang lelah atau haus, Anda harus tolerir serta aturan yang harus ditaati,” tandasnya.

Suasana kegiatan.

Sementara itu, Wakasek Kurikulum SMKN 7 Kupang, Gabriel Koten, S.Si., meminta agar semangat kedisiplinan, dan jiwa kesatria tetap ditanamkan di dalam diri peserta didik, sehingga menjadi bekal yang berharga selama di sekolah maupun di tempat kerja masing-masing.

“Terima kasih atas partisipasi kita semua sehingga bisa menyelesaikan kegiatan ini dengan baik. Jiwa kedisiplinan, pejuang dan kesatria harus tetap ditanamkan sampai pada waktunya Anda boleh berbakti kepada bangsa dan negara melalui tugas dan tanggung jawab di tempat kerja masing-masing,” ungkap Gabriel Koten.

“Ini baru dasar dan belum kelanjutannya. Harapannya apa yang telah disampaikan oleh para pemateri dan instruktur bisa tertanam dalam pribadi Anda masing-masing. Menjadi bekal selama 3 tahun di sini sehingga tetap terpeliharan dan terjaga sampai Anda tamat nanti. Anda juga harus bisa menjadi contoh bagi kakak kelas dan juga adik kelas Anda nantinya,” harapnya.

Informasi yang dihimpun media ini, dalam kegiatan tersebut peserta melewati 6 pos pembinaan. Peserta didik yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 104 orang dengan didampingi oleh pengurus OSIS, guru dan pegawai, personel Dispotmar Lantamal 7 Kupang, dan tenaga medis RSAL Samuel Moeda. Kegiatan ditutup dengan prosesi pengambilan pakaian Taruna-Taruni. (Yosi Bataona/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here