SMKN 7 Kupang Terima Sertifikat LSP UKK

0
22
Kepala SMKN 7 Kupang, Mursalin Ngala, S.Pd., saat menerima sertifikat Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – SMKN 7 Kupang menerima sertifikat Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bagi peserta didik kelas XII jurusan Teknik Komputer dan Jaring (TKJ) yang telah menyelesaikan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Acara tersebut berlangsung pada Senin (22/04/2024) di ruang Kepala SMKN 7 Kupang.

Saat ditemui media ini, kepala SMKN 7 Kupang, Mursalin Ngala, S.Pd., menyampaikan, sertifikat tersebut menjadi tanda kelayakan dan pengakuan terhadap kompetensi peserta didik.

“Ini merupakan bentuk kerjasama antara SMKN 1 Kupang sebagai lembaga penyelenggara berlisensi dengan SMKN 7 Kupang. LSP adalah sertifikat berstandar nasional, yakni kelayakan dan pengakuan kompetensi bagi peserta didik,” ujar Mursalin Ngala.

“LSP sebagai tanda legalitas penerima ijasah dan tanda sudah siap untuk bekerja atau berwirausaha serta kelayakan bagi peserta didik apabila melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi,” tambahnya.

Dokumentasi SekolahTimur.com

Lebih lanjut, Mursalin mengungkapkan, sekolah akan berusaha agar ke depannya dapat menjadi lembaga pendidikan yang mampu memberikan LSP secara mandiri.

“Kami bersyukur hari ini sertifikatnya sudah di terima oleh pihak lembaga dan nanti akan dibagikan kepada anak-anak waktu lulus nanti,” tandasnya.

“Tentunya kami tidak akan tinggal diam dan ‘dininabobokan’ untuk terus menyelenggarakan UKK di luar, ke depannya kami akan mempersiapkan sarana-prasarananya, kelengkapan dokumen dan SDM-nya guru-guru kita agar memiliki kelayakan sebagai asesor. Sehingga kami bisa menyelenggarakan di sini,” jelasnya.

Sementara itu, asesor LSP dari SMKN 1 Kupang, Frengki Lesiangi, S.ST., menuturkan, sebagai perpanjangan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), berperan untuk mempersiapkan peserta didik agar memiliki kompetensi yang mumpuni di dunia kerja.

“Kami adalah perpanjangan tangan dari BNSP yang bertugas melakukan sertifikasi kompetensi terhadap para pekerja dan calon pencari kerja yang telah berlisensi. Tujuannya agar adanya pengakuat terhadap kompetensi yang mereka miliki, sehingga mampu di terima di dunia kerja,” ungkap Frengki selaku perwakilan LSP yang menyerahkan sertifikat tersebut.

Frengki juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan kepercayaan yang diberikan kepada sekolah mereka sebagai penyelenggara.

“Kami bersyukur karena sekolah ini mau membuka diri untuk memberikan layanan sertifikasi kepada anak-anak. Dengan hasil yang ada, menurut saya cukup membanggakan karena di atas 50%. Kita juga harus terus melakukan evaluasi,” pungkasnya. (Yosi Bataona/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini