Semarak Hardiknas, Ambrosius Kodo: Dinas PK NTT Jadi Rumah Besar Bersama

0
94
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Ambrosius Kodo, S.Sos., M.M., saat membuka berbagai jenis lomba dalam rangka Hardiknas 2024, Senin (22/04/2024) di halaman dinas setempat.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Dalam rangka menyongsong dan menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Provinsi NTT menggelar berbagai jenis lomba. Menurut Kepala Dinas PK NTT, Ambrosius Kodo, S.Sos., M.M., semua orang yang bergerak di dunia pendidikan harus menjadikan Dinas PK NTT sebagai rumah bersama yang di dalamnya semua pihak memiliki hubungan yang harmonis.

“Rangkaian kegiatan ini, ada dasar pertimbangannya. Saya ingin agar Dinas Pendidikan ini benar-benar menjadi rumah besar bagi semua kita yang bergelut di dunia pendidikan, terutama pendidikan menengah dan pendidikan khusus,” ujar Ambros Kodo saat membuka kegiatan tersebut, Senin (22/04/2024) di halaman dinas setempat.

Lomba tarik tambang.

“Saya ingin kita dekat dan akrab satu dengan yang lain. Karena, kita punya problem yang sama  dan cara menyelesaikannya adalah dengan menjalankan tugas pokok masing-masing. Oleh karena itu, dibutuhkan kekompakan dan kerja sama,” tandasnya.

Lebih lanjut, Ambros menyampaikan, sebagai pengajar dan pendidik harus mempunyai tanggung jawab yang lebih untuk menerapkan nilai-nilai positif dalam hidup sehari-hari.

“Dan kita yang bekerja di Dinas PK, para guru dan tenaga kependidikan, kita semua memiliki beban lebih jika dibandingkan dengan instansi dan pegawai yang lain,” ungkapnya.

Penampilan drumben.

“Karena, kitalah instansi-instansi yang berjuang untuk menanamkan dan mempertahankan serta mengaplikasikan nilai-nilai itu di dalam kehidupan setiap hari,” tegasnya.

Ia berpesan agar semua peserta dapat berlomba dengan semangat sportivitas dan penuh kebahagiaan. “Kalau ada persoalan harus diselesaikan dengan baik sehingga semua kita bisa maju dan tumbuh bersama,” tegasnya.

“Ada filosofi di dalam penyelesaian persoalan yakni duduk sama-sama dan bicara serta saling mendengar, pasti ada jalan keluarnya. Jangan gaduh, mari kita nikmati, buatlah meriah dan saling tersenyum. Supaya selesai kegiatan ini, tidak ada cerita tentang duka dan luka, melainkan cerita tentang kesuksesan, kebersamaan dan kemesraan,” pungkasnya.

Acara pembukaan.

Berdasarkan data yang dihimpun media ini, aneka lomba yang digelar meliputi, bola voli putera-puteri, tenis meja putera-puteri, tarik tambang putera-puteri. Adapun kegiatan lain yang dilaksanakan yakni, jalan santai kampanye sekolah sehat dan aman, kebersihan Kota, dan penanaman pohon.

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh pegawai di Dinas PK NTT, BPMP NTT, Kantor Bahasa NTT, para guru dan tenaga kependidikan SMA/SMK/SLB se-Kota Kupang. (Yosi Bataona/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini