SMKN 2 Soe Lepas 321 Peserta Didik PKL

0
366
Pelepasan peserta didik SMKN 2 Soe yang akan menjalani PKL, Jumat (8/7/2022) di halaman sekolah setempat.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – SMK Negeri 2 Soe melepas 321 peserta didik yang akan menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) di berbagai lokasi yang telah ditentukan sesuai bidang keahliannya selama enam bulan kedepan. Upacara pelepasan tersebut berlangsung pada Jumat (8/7/2022) di halaman sekolah setempat.

Plt. Kepala SMK Negeri 2 Soe, Nifron K. Fallo, S.Kom., kepada media ini menyampaikan bahwa  kegiatan PKL adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan kompetensi keahlian masing-masing peserta didik sesuai bidangnya.

“Pada hari ini kami melepas para peserta didik yang akan melakukan Praktik Kerja Lapangan atau PKL pada tahun 2022/2023 ini selama enam bulan ke depan terhitung 11 Juli sampai dengan 11 Desember 2022, yang mana para peserta didik ini akan mengimplementasikan teori yang diperoleh selama ini di sekolah, di dunia usaha, dan dunia industri maupun di berbagai lembaga dan instansi lain-lain yang telah ditentukan,” ungkapnya.

Nifron K. Fallo, S.Kom.

Nifron berharap agar peserta didik yang mengikuti PKL dapat mengambil manfaat dari kegiatan tersebut sebagai wujud nyata implementasi kurikulum sekolah di dunia usaha dan industri yang selama ini diperoleh di sekolah. Ia juga berpesan agar para peserta PKL menjaga nama baik sekolah selama melaksanakan PKL dan juga menjaga diri dengan baik agar bisa menyelesaikan kegiatan sesuai apa yang diharapkan.

Nifron juga mengimbau kepada anak didiknya untuk lebih disiplin dan mengikuti semua aturan yang berlaku di dunia usaha, dunia industri, lembaga dan berbagai instansi lain dan mampu menempatkan diri. Jika disiplin dalam mengikuti kegiatan PKL maka akan sangat bermanfaat ilmu yang diperoleh, dan akan menjadi bekal ke depan.

Labih lanjut dijelaskannya, jumlah peserta didik  yang mengikuti kegiatan PKL ini sebanyak 321 orang yang berasal dari tujuh kompetensi keahlian yaitu, 29 orang pada Teknik Audio Vidio, 66 orang pada Tata Busana, 69 orang pada Teknik Komputer dan Jaringan, 17 orang pada Pekerjaan Sosial, 31 orang pada Thesa (Teknik Energi Terbarukan), 62 orang pada Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, dan 47 orang pada Perhotelan.

“321 siswa ini akan dibagi ke beberapa titik  lokasi yakni Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten TTS, Kabupaten TTU, Kabupaten Belu. Sementara yang di luar NTT yaitu di ITN Malang, dan juga di Jawa Tengah, dan Jogja, serta beberapa lokasi lain di berbagai instansi,” terangnya. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here